Sukses

Jembatan Alih Terowongan Bawah Laut Denmark-Swedia

Sebuah jembatan yang menawan 'mendadak' menghujam ke laut dan menjadi terowongan.

Liputan6.com, Copenhagen Sebuah jembatan unik dibangun untuk menghubungkan Copenhagen, ibukota Denmark, dengan kota Malmö, Swedia. Berangkat dari Copenhagen, jalur ini merupakan sisi jembatan yang memiliki arsitektur menawan. Namun, pada pertengahan lintasan menuju Malmo, jembatan ini 'menghujam' ke dalam laut dan berubah menjadi terowongan di bawah laut.

Jembatan-terowongan unik Denmark-Swedia

Menurut laporan Macedonia International News Agency (MINA), jembatan yang dinamai Øresund ini dirancang oleh seorang arstitek Denmark bernama George K.S. Rotne dan dibuka pada 1 Juni 2000. Jembatan ini membentang sepanjang 8 kilometer menuju pulau buatan sebelum menghujam ke bawah permukaan laut melalui sebuah terowongan sejauh 4 kilometer di bawah Kanal Flint berujung di Malmö, Swedia.

Jembatan-terowongan unik Denmark-Swedia

Walau tampak mungil, pulau buatan di mana jembatan berakhir memiliki aneka ragam hayati yang tinggi. Menurut Himpunan Botanik di Lund, ada lebih dari 500 spesies tanaman yang berbeda di pulau buatan itu. Alam buatan manusia itu sendiri diciptakan dari bahan-bahan yang dikeruk dari dasar laut.

Sebagian besar pembuatan terowongan dikerjakan terlebih dahulu di daratan sebelum dibawa menuju lokasi pembangunan di perairan.

Jembatan-terowongan unik Denmark-Swedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini