Sukses

Jeruk Cinta Oleh-oleh dari Jepang

Petani Jepang membentuk jeruk di pertanian mereka menyerupai bentuk hati.

Liputan6.com, Yawatahama - Setelah jeruk persegi lima, petani jeruk di Jepang memberi sentuhan cinta yang lebih pada jeruk mandarin yang mereka tumbuhkan -- dengan membuatnya berbentuk serupa hati.

Sebuah video menunjukkan para petani di Yawatahama menggunakan dua lempeng kayu dan tongkat besi membentuk sebuah alat. Alat tersebut dipasang pada jeruk yang sedang bertumbuh sehingga membentuk kerucut dan lekukan. Hasilnya? Jeruk yang menyerupai bentuk tanda cinta.

Dikutip Huffington Post, para petani menuturkan bahwa ada 60 persen tingkat keberhasilan dengan metode ini tahun lalu, menghasilkan 250 jeruk dengan bentuk hati. Metode ini diharapkan akan membantu mereka menjual lebih banyak jeruk.

Cetakan untuk membentuk jeruk serupa hati. (Foto: Huffington Post)

Tradisi membentuk buah-buahan terdata mulai tahun 2001 lalu. Dikutip BBC, saat petani di Jepang mengalami kesulitan membawa dan menyimpan semangka dengan bentuk lonjong, mereka menggunakan pencetak bentuk persegi pada semangka yang masih bertumbuh. Semangka pun bisa lebih mudah diletakkan.

Kini, cetakan buah sudah memiliki banyak bentuk, bahkan menjadi daya jual bagi produsen dan petani buah-buahan dan sayuran. Bahkan, di Tiongkok pernah dijual pir berbentuk bayi dan Buddha.

Sepertinya, jeruk dengan bentuk tanda cinta ini bisa menjadi saingan cokelat dan bunga di hari kasih sayang mendatang, ya. (Ikr/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini