Sukses

Ide Brilian Mencegah Buang Sampah Sembarangan

Kampanye jalanan bersih di sejumlah kota London. Apa mungkin ide sederhana ini dapat diterapkan di Indonesia?

Liputan6.com, London - Sebuah organisasi di Inggris bernama Hubbub berencana untuk membersihkan jalan-jalan kota London melalui kampanye #neatstreets (jalanan bersih).

Dalam salah satu proyek brilian mereka adalah dengan mengajak perokok untuk melakukan polling terhadap beragam topik. Pemilihan jawaban dilakukan dengan membuang puntung rokok ke dalam wadah menurut jawaban mereka-- sementara itu ada juga media yang dapat memainkan musik ketika sampah atau puntung rokok dimasukkan.

Memilih dengan puntung rokok.

Hal yang sama juga dilakukan bagi mereka yang memiliki kebiadaan buruk menempelkan permen karet di tempat-tempat umum.

Organisasi ini juga mengajak warga-warga nakal untuk berinteraksi dengan mengajak untuk menempelkan permena karet mereka ke suatu alas.

Pada papan terdapat sebuah pertanyaan yang akan membuat Anda heran. Untuk mengetahui jawabannya, Anda pertama harus menempelak permen karet yang akan membentuk sebuah tanggapan.

Tempelkan permen karet untuk mengungkapkan gambarnya.

Menurut survei yang dilakukan Hubbub melalui situsnya telah mengungkapkan bahwa 86 persen orang anggap membuang sampah sembarangan merupakan kebiasaan yang buruk dan menjijikkan.

Namun, hanya 15 persen orang yang mengaku akan menegor jika ada yang membuang sampah sembarangan. Mengeherankan, bukan?

Dilansir dari Bored Panda, kampanye yang berupa uji coba ini dilangsungkan di sejumlah jalan-jalan kota London dari bulan Mei hingga Oktober-- dengan menggunakan pembelajaran terhadap perubahan sikap dan kesadaran manusia yang terkini dari seluruh dunia.

Bagaimana? Apa mungkin ide ini dapat diterpakan di Indonesia?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.