Sukses

Gratis Cukur, Asalkan Membaca Buku dengan Keras

"Kebahagiaan di muka anak-anak itu embuatku seperti mendapat bayaran jutaan dolar," tutur Holmes, pencetus ide Tales 4 Trims.

Liputan6.com, Dubuque - Ide tukang cukur ini sungguh mulia. Karena ia sangat mendukung gerakan membaca bagi anak-anak, ia rela tidak dibayar, asalkan pelanggan kecilnya membacakan buku untuk dirinya.

Courtney Holmes, menyambut datangnya tahun ajaran baru di Dubuque, Iowa, Amerika Serikat dengan sebuah tawaran yang menarik. Anak-anak tak perlu membayar hasil potongan rambutnya dengan uang, melainkan, dibayar dengan membacakan buku untuk Holmes.

"Aku pikir membaca sangat penting untuk anak," kata Holmes, ayah beranak dua kepada nbcmews.com, seperti dikutip pada Sabtu (5/9/2015).

Program ini ia namakan 'Tales 4 Trims' untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak di lingkungan tempat Holmes bekerja. Awalnya hanya ada satu atau dua anak yang tertarik, tak lama kemudian, puluhan anak antre untuk dicukur.

"Anak-anak masuk ke salon, lalu aku bilang ke mereka, 'Sana duduk di kursi, ambil buku yang kau suka dan bacakan untukku. Kalau ada kesulitan, aku akan bantu, kita baca bersama-sama'," ujar Holmes.

Spark Family Salon, tempat Holmes bekerja mendukung idenya. Bahkan mereka berencana membuat acara ini secara teratur.

"Kebanyakan anak, mereka merasa nyaman. Mereka tahu, mereka datang ke tempat yang aman," ucap Holmes, seraya menambahkan, "Dan orangtua mereka juga senang."

Holmes mendorong anak-anak itu tidak hanya membaca satu buku saja. Ia juga meminta mereka membaca dengan keras untuk mengerti kosa kata di buku bacaan yang mereka pilih.

"Ingatan mereka juga aku tantang. Selesai mencukur, aku akan bertanya, 'jadi bukunya bercerita tentang apa?'" 'Trims 4 Tales' juga memberikan satu tas berisi buku-buku, mendorong bocah-bocah untuk tetap membaca sampai kunjungan berikutnya.

"Kebahagiaan di anak-anak itu  membuatku seperti mendapat bayaran jutaan dolar," tutur Holmes.

Idenya pun segera menyebar hingga ke negara bagian Winconsin, tepatnya di Kota Sun Prairie, 1 jam perjalanan dari tempat Holmes memulai programnya. Sebuah salon bernama de Luxe memulai 'Tales 4 Trims' untuk anak-anak usia sekolah dan belajar membaca.

"Tampaknya ini ide kecil, tapi kupikir luar biasa hasilnya," kata Jody Haug pemilik salon tersebut. Haug juga berencana mengulang progam ini tiap tahun ajaran baru. (Rie/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.