Kue Ultah Robot 'Optimus Prime' yang Bisa Berubah

Oleh Liputan6 pada 28 Agu 2015, 14:35 WIB
Diperbarui 28 Agu 2015, 14:35 WIB
Kue Ultah Robot 'Optimus Prime' yang Bisa Berubah
Perbesar
Kue berbentuk robot Optimus Prime yang bisa berubah bentuk menjadai berdiri. (Daily Mail)

Liputan6.com, Canberra - Jika Anda penggemar film Transformers, mungkin akan kagum dengan kue berkarakter karakter tokoh Optimus Prime ini. Sebab tak hanya memiliki tampilan layaknya pemimpin Autobots, birthday cake itu juga benar-benar bisa bergerak seperti pada film.

Mengutip Daily Mail pada Jumat (28/8/2015), kue itu dibuat oleh ayah dan ibu dari Perth, Australia. Mereka sengaja membuatnya, untuk kejutan ultah ke-6 sang anak yang bernama Ewan.

Sang ayah, Russell Munro merupakan ahli teknologi. Ia menghabiskan beberapa bulan untuk merancang kue ultah tersebut.

Munro menggunakan tali pancingan yang terbuat dari baja, serta bantuan mesin agar kerangka 3 dimensi itu dapat bergerak. Kue dengan desain truk berwarna merah dan biru itu dibuat agar bisa berubah posisi menjadi berdiri.

Kue ulang tahun berbentuk robot Optimus Prime. (Daily Mail)

Tak hanya itu, dari atas mobil juga dapat mengeluarkan kepala Optimus Prime. Bagian tangan pun dapat bergerak, berkat mesin DC dan leadscrew --sekrup yang mampu mengubah gerak-- yang dipasang di rangkaian mesin miliknya.

Mesin-mesin yang telah dirancang oleh Munro kemudian ditutup dengan kue dan lapisan gula, yang dibuat sang istri.

Tidak hanya dapat bergerak, kue itu juga dapat mengeluarkan suara Optimus Prime sebelum truk itu bergerak dan melakukan transformasi.

Tentu saja, sang anak sangat senang mendapat kejutan itu, terlihat dari rekaman yang diabadikan oleh Munro. Anak-anak serta para orangtua lainnya juga bersorak karena kagum terhadap kue itu.

Video yang juga diposting oleh Munro ke YouTube itu telah dilihat lebih dari 120 ribu kali. Sedangkan rekaman lainnya yang menunjukkan mekanisme kerja si Optimus Prime telah dilihat hampir 20 ribu kali.

Meski banyak peminat, Munro mengatakan kue ciptaannya tersebut tidak akan dilelang.

"Saya tidak akan menjualnya, karena desainnya sangat rumit dan saya frustasi dengan tumpukan sekrup kecil. Tapi aku mempertimbangkan untuk membuat sebuah proyek terbuka dan melihat apa yang bisa dilakukan orang lain," kata Munro.

(Frederica/Tnt)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya