Lukisan Seharga 140 Miliar Rupiah Dirusak Bocah Dalam Pameran

Oleh Alexander Lumbantobing pada 26 Agu 2015, 13:00 WIB
Diperbarui 26 Agu 2015, 13:00 WIB
Remaja Ini Melubangi Lukisan Senilai 211 Miliar Rupiah
Perbesar
Seorang remaja secara tidak sengaja merobek lukisan senilai ratusan miliar rupiah setelah terjerembab di depan lukisan.

Liputan6.com, Taipei, Taiwan Seorang remaja tidak sengaja merusak sebuah lukisan kuno yang sangat mahal. Insiden ini terekam kamera CCTV yang  terjadi di Taman Kreatif Huashan 1914 di Taipei ketika pameran "Face of Leonardo: Images of a Genius" sedang berlangsung. 

Pihak penyelenggara merilis rekaman insiden yang memperlihatkan seorang remaja laki-laki berusia 12 tahun itu terpeleset menyebabkan ia terjatuh ke arah lukisan. Secara spontan dalam upaya menahan dirinya, ia menjangkau tangannya ke dinding dan mengakibatkan lukisan sobek.

Setelah insiden bocah tersebut merasa syock dengan apa yang telah dilakukan terhadap lukisan berjudul ‘Flower’ tersebut.

Foto restorasi lukisan Paolo Porpora di Taipei

Pihak penyelenggara, Sun Chi-hsuan menjelaskan kepada media bahwa keluarga anak tersebut tidak perlu membayar ganti rugi lukisan karya Paolo Porpora senilai 1,5 juta dolar tersebut karena lukisan tersebut mendapatkan perlindungan asuransi.

Foto restorasi lukisan Paolo Porpora di Taipei

Sun Chi-hsuan juga menjelaskan, “Pojok kanan bawah lukisan itu telah rusak. Tangan remaja itu telah menyentuh lukisan sehingga mengakibatkan sobekan sebesar kepalan tangan.”

Paolo Porpora

Dalam akun resmi Facebook penyelenggara, kurator Andrea Rossi memberikan pujian kepada Tsai Shun-jen yang telah merestorasi lukisan yang berusia 350 tahun tersebut. Sejumlah foto yang memperlihatkan restorasi lukisan juga di cantumkan dalam halaman Facebook penyelenggara.