Sukses

Kedubes Kembali Dibuka, Menlu Inggris Datangi Teheran

Kedutaan Inggris ditutup 2011 setelah diserbu oleh pengunjuk rasa selama demonstrasi menentang penetapan sanksi Inggris terhadap Iran.

Liputan6.com, Teheran - Kedutaan Besar Inggris di Teheran, Iran, akan segera dibuka kembali setelah hampir 4 tahun ditutup. Dalam waktu bersamaan, Iran juga akan membuka kembali kedutaan besarnya di London, Inggris.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (23/8/2015), Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond akan menuju Teheran bersama delegasi bisnis dan menandai pembukaan kembali kantor kedutaan negara itu.

Hammond akan menjadi Menteri Luar Negeri Inggris pertama yang mengunjungi Iran sejak 2003. Kedutaan Inggris ditutup pada 2011 setelah diserbu oleh pengunjuk rasa selama demonstrasi menentang penetapan sanksi Inggris terhadap Iran.

Penyerbuan ini terjadi setelah Iran mengusir Duta Besar Inggris sebagai tindakan balasan karena dukungan Inggris terhadap sanksi keras bagi Teheran atas program nuklirnya.

Kunjungan Hammond ke Teheran, Minggu ini, merupakan tindak lanjut kesepakatan Iran dengan 6 negara adi daya soal pembatasan program nuklir Iran.

Menurut Hammond, kesepakatan pembatasan program nuklir Iran yang dilakukan saat Hassan Rouhani terpilih sebagai Presiden Iran pada pemilu 2013 menjadi tonggak penting hubungan baik kedua negara.

Pembukaan kembali kedutaan dua negara ini meupakan langkah penting untuk meningkatkan hubungan bilateral," kata Hammond. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini