Seniman Rusia Membuat Karya Seni di Ujung Pensil

Oleh Rio Christa Yatim pada 21 Agu 2015, 13:00 WIB
Diperbarui 21 Agu 2015, 13:00 WIB
Big Ben
Perbesar
Ukiran grafit Big Ben.

Liputan6.com, Jakarta Mengukir dengan bahan kayu sudah banyak dilakukan para seniman ukir sejak berpuluh-puluh atau bahkan ratusan tahun yang lalu. Beberapa orang melakukannya untuk hobi dan kesenangan, ada juga yang karena tuntutan pekerjaan untuk mencari nafkah. 

Namun, apakah Anda pernah mendengar seni mengukir pada ujung grafit pensil?

Seorang seniman di Rusia mampu mengukir karya miniatur pada ujung grafit pensil secara mendetail.

Ukiran grafit Yoda dari Star Wars.

Melalui wawancara via e-mail dengan Mashable, seniman bernama Fidai mengatakan setiap karya yang ia buat membutuhkan waktu 6 hingga 12 jam, namun terkadang ada ukiran yang membutuhkan waktu hingga dua hari.

Ukiran grafit astronot.

"Aku suka bereksperimen dengan semua bentuk seni," ungkap Fidai. "Aku suka membuat miniatur karena kerumitannya. Aku gemar mengukir karya-karya mikro dari grafit pensil karena tingkat kesulitannya dan ini bentuk seni yang unik. Ini menjadi tantangan bagiku, apakah aku sanggup untuk membuat karya-karya mikro tanpa mematahkan grafit pensil?"

Ukiran grafit kuda.

Tingkat kesabaran seperti ini yang dapat menghasilkan karya-karya rumit dan menarik perhatian para pembeli di Etsy, terlebih lagi, karyanya telah menarik lebih dari 116,000 pengikut pada akun Instagram-nya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya