Sukses

Penampakan Ubur-ubur Langka di Teluk Meksiko

Seorang penyelam perusahaan minyak merekam keberadaan ubur-ubur langka di Teluk Meksiko. Mengapa ia dikatakan langka?

Liputan6.com, Forth Worth, Texas, Amerika Serikat - Seekor ubur-ubur langka terekam oleh seorang pegawai perusahaan perminyakan yang sedang bertugas di Teluk Meksiko.

Dijelaskan dalam KHOU, Phillip Trudeau sedang bertugas menjalankan robot bawah air (ROV) ketika kamera pada robot itu merekam keberadaan seekor ubur-ubur jenis Stygiomedusa gigantean. Ia kemudian mengunggah rekamannya ke YouTube.

Dalam tayangan itu terlihat bahwa mahluk itu berada di kedalaman lebih dari 1.000 meter. Penampakan ini merupakan yang ke 115 kalinya dalam 110 tahun terakhir. Berarti, hewan ini menampakkan dirinya kurang dari satu kali dalam setahun. Tak heran ia dikatakan langka.

Gambar dari Wikipedia

Menurut ulasan Wikipedia, hewan ini termasuk salah satu hewan pemangsa tak bertulang belakang yang terbesar. Ada bagian ujung tubuhnya yang berbentuk seperti payung besar yang dapat membentang hingga sepanjang 1 meter. Ubur-ubur itu juga memiliki empat lengan seperti selaput yang panjangnya bisa mencapai 6 meter. Karena tidak memiliki bisa, lengan-lengan ini diperkirakan menjadi alat perangkap mangsanya. (Alx/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini