Sukses

Gajah Sirkus Kabur ke Pasar Loak

Gajah ini kabur ke pasar loak. Apa yang dicarinya di sana? Belanja sayur dan buah favorit?

Liputan6.com, Noordwijkerhout, Belanda - Seekor gajah sirkus melarikan diri dari rombongan dan menemukan cara lain untuk menikmati kebebasan barunya. Dalam video YouTube yang diunggah Wouter Louwerens ini tampak seekor gajah mengunjungi sebuah pasar loak di Noordwijkerhout, Belanda pada Minggu lalu (16/08/2015).

Gajah itu tampak tidak canggung berada di keramaian manusia. Kata Louwerens dalam keterangan videonya, “Indah sekali melihat bagaimana si gajah dan para warga sama-sama tenang.” Menurut Louwerens, kunjungan gajah itu hanya berlangsung sejenak, karena pawangnya kemudian datang.

Kepada para pengunjung dan penjual di pasar loak, sang pawang menjelaskan bahwa Buba, sang gajah betina, telah melarikan diri dari Circus Freiwald yang sedang beristirahat di lokasi yang dekat dengan pasar loak.

Seorang saksi bernama Alice de Groot mengatakan kepada situs berita AD.nl, “Pawang itu menyebut ‘Buba’, dan sang gajah menoleh kepadanya lalu mendatanginya seperti seekor domba jinak.”

Gerard Guiking, juru bicara Circus Freiwald, mengatakan bahwa sirkusnya memang tidak memasukkan gajah berusia 40 tahun itu ke kandang. “Ia memang tidak ditambat ataupun dikalungi. Kami tidak bisa menghentikannya. Ia mencintai anak-anak dan berperilaku manis. Lebih mirip dengan seekor anjing yang terkadang ingin berjalan-jalan.”

Di sisi lain, Louwerens juga mengatakan dalam keterangan videonya bahwa Eropa akan memberlakukan larangan keberadaan gajah sirkus, sehingga kemungkinan Buba harus dibawa keluar Eropa. (Alx/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini