Sukses

Siapa Bilang Makanan Halal Susah Didapat di Singapura?

Berdasarkan MasterCard-Crescent Rating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2015, Singapura jadi destinasi untuk turis muslim terbaik di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Singapura menjadi primadona bagi para wisatawan Indonesia. Jarak yang begitu dekat jadi salah satu dasar kuat mengapa banyak turis Tanah Air ingin berwisata di Negeri Singa ini. Faktor lain, tak perlu repot mengurus visa untuk masuk ke negara tersebut.

Makin banyak tempat wisata, biaya yang terjangkau, semakin menempatkan Singapura di posisi nomor wahid tujuan wisata turis RI.

Singapura menjadi destinasi wisata muslim (Reuters)

Meski demikian, masih banyak anggapan yang kurang tepat mengenai wisata di Singapura. Termasuk soal susahnya makanan halal di negara eks jajahan Inggris tersebut.

Pendapat tersebut ditolak oleh Eksekutif Direktur Dewan Pariwisata Singapura (STB) Wilayah Asia Tenggara Edward Koh. Dia menyebut berdasarkan MasterCard-Crescent Rating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2015, negaranya merupakan salah satu destinasi wisata Muslim terbaik dunia.

"Kami (Singapura) menyediakan berbagai pilihan bersantap yang halal, yang tentunya semakin mendukung kami sebagai salah satu tujuan yang menarik bagi para wisatawan Muslim," kata Goh, Jumat (14/8/2015).

Makanan Halal

Goh menjelaskan, Singapura menawarkan banyak pilihan restoran dan kafe yang menyajikan menu dan makanan halal. Tempat makan tersebut dapat ditemukan di sekitaran Arab Street, North Bridge Road, serta Beach Road.

Di tempat itu, terdapat beraneka ragam makanan halal. Makanan tersebut berasal dari bermacam-macam masakan baik lokal barat atau masakan modern.

Jika masih ragu dengan kehalalan masakan ini, STB memastikan seluruh restoran menyajikan makanan halal mempunyai sertifikat halal yang dikeluarkan badan sertifikasi halal Singapura.

Sertifikat halal di Singapura

Tidak hanya itu, Goh menyebut demi memudahkan warga Muslim berwisata di Singapura pihak STB telah mengeluarkan panduan wisata halal. Buku ini dikeluarkan khusus bagi para wisatawan pemeluk Islam yang datang dari Tanah Air.

Tempat Salat

Goh menuturkan, panduan itu dirilis bukan hanya agar warga Muslim Indonesia bisa dengan mudah menemukan makanan halal. Tetapi, juga berguna sebagai tuntunan untuk menemukan masjid dan fasilitas yang berguna bagi umat Islam lainnya.

Ada banyak tempat salat di Singapura (Reuters)

 

Dia menyebut ada beberapa tempat yang menyediakan tempat salat. Seperti Masjid Sultan di Arab Street, yang merupakan masjid paling terkenal dan paling impresif di Singapura.

Goh pun menambahkan, di negaranya ada 53 masjid yang tersebar. Jadi tidak perlu cemas lagi untuk berwisata tanpa harus meninggalkan kewajiban untuk beribadah. (Ger/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini