Sukses

Jokowi: Indonesia akan Terus Dukung Kemerdekaan Palestina

"Indonesia juga terus mendukung kemerdekaan Palestina dari penjajahan," ujar Jokowi

Liputan6.com, Jakarta Perjuangan Palestina demi mencapai kemerdekaannya terus mendapat dukungan. Kali ini dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Hal itu disampaikan mantan Walikota Solo ini dalam sidang DPD-DPR RI. Menurut Jokowi, dukungan tersebut adalah bukti konsistensi sikap Indonesia terhadap Palestina.

"Indonesia juga terus mendukung kemerdekaan Palestina dari penjajahan," ujar Jokowi di Gedung DPR/MPR, Jumat (14/8/2015).

Selain itu, Presiden Jokowi juga mendorong tercipta perdamaian di dunia. Khususnya di wilayah Timur Tengah.

"Menyerukan agar saudara-saudara Muslim di Timur Tengah meletakkan senjata dan berdamai demi kepentingan ukhuwah Islamiyah," papar Jokowi.

Sebelumnya, konsistensi sikap ini juga disampaikan Menlu Retno Marsudi dalam beberapa acara kenegaraan. Termasuk saat Kementerian Luar Negeri menggelar seminar internasional mengenai Palestina 2014 lalu.

Retno menyatakan, bagi Indonesia tidak ada isu internasional yang lebih penting selain Palestina. Sebab, rakyat Palestina sangat dekat di hati Indonesia.

"Indonesia telah dan akan terus berdiri dan bersama warga Palestina yang saat ini terus berjuang mencapai kemerdekaan dan mendirikan negara yang berdaulat," sebut Retno dalam pidatonya.

Dukungan Pemerintah atas Palestina, tegasnya, sangat jelas tertulis di konstitusi negara pada pembukaan UUD 1945. Selain itu bukti nyata lain adalah Indonesia merupakan salah satu negara pertama yang mengakui kedaulatan Palestina. (Ger/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini