Sukses

Walabi, Kembaran Kanguru yang Bikin Pangling

Bukan tak mungkin bila banyak orang menyangka hewan itu adalah kanguru.

Liputan6.com, Sydney - Bila melihat seekor walabi, banyak orang bakal pangling. Bahkan bukan tak mungkin bila mereka menyangka hewan itu kanguru. Walau sepintas sangat mirip, kedua hewan ini berbeda.

"Kanguru berbadan tegak, walabi sedikit bungkuk. Kanguru langsing, walabi gendut. Walabi memiliki kaki belakang yang lebih besar dari lengan depan mereka, serta ekor berotot panjang yang digunakan untuk keseimbangan," tulis Western Daily Press, seperti dikutip pada Senin (10/8/2015).

Tinggi tubuh walabi berkisar antara 30-180 centimeter, dengan berat 20 kilogram dan dapat mencapai umur hingga 12 tahun.

Sejatinya, nama Walabi berasal dari suku Aborigin Eora di Sydney, Australia. Untuk menemui dan berinteraksi dengan walabi tidaklah sulit lantaran hewan mungil ini dilepaskan untuk bebas melompat-lompat.

Mereka pun banyak menghabiskan waktu di semak-semak belukar dan hutan, untuk mengais padang rumput, daun dan akar. Dan warna yang paling umum adalah cokelat keabu-abuan dengan leher dan bahu merah. Namun jenis albino sangatlah langka karena memiliki warna putih seperti salju.

Simak video walabi langka yang sedang asyik mencari makanan berikut ini:

(Stevanie Adeline/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.