Sukses

Botol Sampanye Terpental ke Arah Orang yang Melemparnya

Sebuah botol sampanye tertutup yang dilemparkan ke suatu monumen berbalik arah ke pelemparnya.

Liputan6.com, Yakutsk, Rusia Siapa yang menyangka botol minuman sampanye dapat melayang kembali ke orang yang melemparnya. Dalam video YouTube yang diunggah oleh pengguna akun John Galt memperlihatkan bagaimana seorang pria melempar sebotol sampanye tertutup ke arah monumen di kota Yakutsk, Rusia.

Ketika sampanye menyentuh bagian bawah monumen yang terbuat dari beton, tutup botol dari gabus (cork) mendarat tepat pada monumen itu. Hal ini mengakibatkan penyumbat terbuka dan botol melayang kembali ke arah pelempar, terdorong tekanan gas. Beruntung, botol tersebut mengenai paha si pelempar, dan bukan area yang rentan. Tidak ada yang cidera dalam kejadian ini, sebaliknya insiden ini mengundang tawa orang di sekitarnya.

Sementara itu, ulasan dari Chemical & Engineering News, dijelasakan bahwa keberadaan buih dalam sampanye sesuai dengan hukum Henry di mana jumlah gas yang terlarut dalam suatu larutan akan berbanding lurus dengan tekanan parsial gas yang berada dalam kesetimbangan larutan. 

Dalam botol yang tertutup, jumlah gas karbon dioksida dalam sampanye, setara dengan jumlah gas yang berada dalam ruang antara tutup gabus dan cairan. Oleh karena itu pembukaan botol sampanye akan melepaskan gas yang mengejutkan. (alx/rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.