Sukses

Terapi bagi Penyandang Disabilitas dengan Anjing Peselancar

Anjing Ricochet bahkan berhasil mengumpulkan hampir USD400.000 atau sekitar Rp5 juta untuk amal melalui kegiatan berselancarnya.

Liputan6.com, London - Seekor anjing berusia 7 tahun bernama Ricochet memiliki hati emas dan kemampuan luar biasa untuk membantu menyembuhkan dan menginspirasi penyandang disabilitas dengan berselancar.

Awalnya, anjing berjenis golden retriever ini dilatih sebagai anjing pelayan. Ia diajarkan untuk melakukan tugas sulit seperti membuka pintu, menyalakan dan mematikan lampu, serta membuka ritsleting pakaian.

Saat tumbuh dewasa, Ricochet menemukan panggilan sejatinya sebagai "SURFice dog" yang bisa berselancar, khusus untuk membantu anak-anak disabilitas.

Secara naluriah, ia menawarkan kehangatan, keseimbangan dan dukungan bagi individu yang pertama kalinya merasakan papan selancar. Ia juga memberikan pengalaman berkesan yang diharapkan akan menginspirasi mereka untuk dapat terus hidup.

Anjing Ricochet yang memberikan terapi dengan berselancar bersama. (My Modern Met)

Tidak hanya memberikan cinta dan dorongan yang tak terbatas bagi orang-orang di sekelilingnya, Ricochet telah berhasil mengumpulkan hampir USD400.000 atau sekitar Rp5 juta untuk amal melalui kegiatan berselancarnya.

"Apa yang membuat Ricochet luar biasa adalah kemampuannya yang kuat untuk berinteraksi dengan individu secara mendalam dari hati ke hati. Sifatnya yang intuitif dan empati menjadi kebutuhan emosional dan fisik mereka, yang mendukung proses penyembuhan secara mendalam," kata Judy Fridono, selaku pemilik, dikutip dari My Modern Met, Kamis (30/7/2015).

Perbuatan yang ia lakukan memang pantas menerima pujian. Ia mendapatkan penghargaan dari ACK Award for Canine Excellence, the American Humane Association Hero Dog Award dan Dog of the Year from the ASPCA.

(Stevanie Adeline/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini