Sukses

Siaran `Hoax` untuk Promosi Tukang Sulap

Karena begitu meyakinkan, video ini bahkan sempat mengelabui media besar.

Liputan6.com, London Sepasang pesulap terekam sedang sibuk melakukan aksi sulap mereka di belakang seorang pembawa acara. Dalam video YouTube yang diunggah akun Young & Strange ini terlihat bagaimana pasangan pesulap Richard Young dan Sam Strange sibuk melakukan aksi menghilangkan orang ketika reporter Ashish Joshi dari SkyNews sedang membawakan berita di London.

Namun, Sky News pada Jumat lalu (24/07/2015) melalui Twitter mengatakan bahwa siaran itu hanyalah `hoax`dengan tujuan hiburan. “Kami hendak menjelaskan bahwa video Ashish Joshi bersama dengan para pesulap di belakangnya bukanlah berita Sky News yang sebenarnya.”

Ashish Joshi memang seorang pembawa berita untuk Sky News, namun ia setuju untuk membantu Young & Strange dan menambahkan pernak-pernik Sky News dalam tayangan itu sehingga mirip dengan siaran asli. Kepada The Guardian, ia mengatakan, “Mereka adalah sahabat saya, jadi saya mau membantu.”

Pria itu mengatakan bahwa atasannya tidak marah, “Sky News hebat. Orang-orang di sana malah tertawa-tawa.” Karena begitu meyakinkan, video ini bahkan sempat mengelabui media-media besar seperti Huffington Post UK. Padahal, `siaran` itu bertujuan agar Young & Strange bisa mendapatkan perjanjian kerja sama dengan televisi. Ada-ada saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini