Rusa yang sedang Berkeluh Kesah

Oleh Alexander Lumbantobing pada 24 Jul 2015, 10:00 WIB
Diperbarui 24 Jul 2015, 10:00 WIB
Begini Penampakan Rusa Yang Berkeluh Kesah
Perbesar
Kami mengamati rusa yang sedang sendirian ini mengeluarkan suara keluh kesah yang aneh dan cukup lucu.

Liputan6.com, Nara, Jepang Seekor rusa di Nara mengeluarkan suara seperti sedang berkeluh kesah. Dalam video YouTube unggahan Gavin Shapiro ini, ia menjelaskan bahwa dirinya dan sejumlah teman merekam suara keluh kesah sang rusa karena merasa suara itu “cukup lucu”.

Namun, mereka terkejut karena suara rusa kecil itu ternyata cukup keras. Dalam keterangan videonya, ia mengatakan, “Kami mengamati rusa yang sedang sendirian ini mengeluarkan suara keluh kesah yang aneh dan cukup lucu. Tapi kami tidak menduga hal yang terjadi selanjutnya. Hal ini tentu menjadi salah satu kejadian terlucu dan paling tidak terduga dalam hidup saya dan teman-teman. “

Jangan anggap remeh kemampuan rusa bersuara keras. Menurut laporan lawas dalam National Geographic News, penelitian membuktikan bahwa ternyata rusa betina tertarik kepada rusa jantan dengan suara yang lebih menggelegar.

Rusa jantan lazim mengeluarkan suara yang dalam saat musim kawin di bulan Oktober. Suara dalam namun menggelegar itu ditujukan baik kepada rusa betina yang menjadi bakal pasangannya maupun rusa-rusa jantan yang menjadi pesaingnya. Perang suara itu bahkan bisa berlangsung hingga lebih dari satu jam.

Bukan hanya itu, suara lenguhan tersebut berkaitan dengan ukuran tubuh sang rusa jantan. Biasanya, semakin dalam lenguhan sang jantan, semakin besar pula ukuran tubuhnya. Nah.