Sukses

Gondol Gadget, Pencuri Tak Sengaja Rekam Video Selfie

Sang pencuri masuk melalui pintu samping dan mengambil sebuah iPhone yang terletak di ruang keluarga.

Liputan6.com, Los Angeles - Teknologi telepon pintar telah banyak membantu mengatasi sejumlah persoalan manusia. Misalnya dalam hal mengatasi kasus pencurian dan perampokan. Pengusutan salah satu kasus perampokan di Venice di sekitar Los Angeles, Amerika Serikat pun memanfaatkan hal itu.

Seorang pencuri menerobos masuk ke rumah salah satu warga Venice pada Sabtu 11 Juli pekan lalu. Saat kejadian pada pukul 07.00 waktu setempat, penghuni rumah yang terdiri dari seorang wanita dewasa dan dua remaja berusia 15 tahun sedang lelap tertidur.

Pencuri itu masuk melalui pintu samping dan mengambil sebuah iPhone yang tergeletak di ruang keluarga di rumah yang terletak di Paloma Avenue tersebut.

Selagi mengambil perangkat pintar itu, ia tidak sengaja telah mengaktifkan perangkat lunak perekam video yang terhubung langsung ke jaringan internet.

Dalam rekaman itu, tampak sang pencuri sedang berada di ruang tengah. Ia hanya mengambil iPhone tersebut dan keluar lagi dari pintu samping yang juga dipakainya untuk masuk.

Televisi KTLA kemudian menayangkan video selfie tidak sengaja itu dengan harapan ada pemirsa yang mengenali tersangka dan dapat membantu penangkapannya. Sebelumnya, Kepolisian Los Angeles menerbitkan video tersebut pada Kamis 16 Juli lalu.

Cerita serupa kerap terjadi. Sebuah perusahaan di Jakarta pernah kehilangan kamera digital milik perusahaan yang belakangan diketahui dicuri oleh mantan pegawai.

Kamera dengan sistem Android itu tersambung dengan akun Google milik perusahaan, sehingga pihak perusahaan dapat melacak foto-foto yang diambil menggunakan kamera tersebut. Foto-foto yang ada membantu pengembalian barang tersebut. (Alx/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini