Sukses

Persiapan Triumph untuk Pecahkan Rekor Kecepatan Kendaraan Darat

Sejumlah persiapan dilakukan untuk mengulangi kejayaan kendaraan 'Triumph' guna memecahkan rekor baru.

Liputan6.com, Hinckley Perusahaan Triumph mempersiapkan diri untuk memecahkan rekor kecepatan kendaraan di darat yang akan dilangsungkan di tempat pemecahan rekor ternama. Selain itu, Triumph mengumumkan kepastian pembalap motor Guy Martin yang akan menjadi pengemudi Rocket III Streamliner.

Kendaraan itu dirancang untuk memecahkan rekor kecepatan kendaraan darat di dataran garam Bonneville pada akhir Agustus 2015. Rekor yang ada saat ini dipegang oleh tim Triumph pada kecepatan 605,697 kilometer/jam. Upaya ini adalah yang pertama kalinya sejak kehadiran Inggris 45 tahun lalu.

Rocket III Streamliner merupakan karya Castrol, Hot Rod Conspiracy, Carpenter Racing dan Triumph North America. Kendaraan itu didukung oleh dua mesin tiga silinder yang masing-masing berukuran 2,3 liter dengan bahan bakar methanol serta dilengkapi dengan turbo. Daya keluarannya mencapai 1000 hp pada 9.000 rpm dan torsi 69 kgm. Badan kendaraan dibuat dari rangka tunggal berbahan karbon Kevlar yang dibungkus dengan cangkang serat karbon aerodinamis.

Sebetulnya, Triumph telah memulai upaya ini sejak tahun 2013 dengan kendaraan Triumph Castrol Rocket yang dirancang untuk memecahkan rekor pada acara Bonneville Speed Week di tahun 2014. Saat itu, mereka dibantu oleh pembalap motor dari Amerika, Jason DiSalvo.

Sayangnya, salah satu mesin kendaraan terbakar dan mereka terpaksa menunggu satu tahun lagi untuk kembali berlaga. Sekarang, mereka kembali lagi untuk memecahkan rekor kecepatan dalam Speed Week 2015 akhir Agustus nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.