Sukses

Ikan Mas Bisa Jadi `Mutan` saat Dibuang

Sungguh kisah tidak terduga dari seekor ikan mas peliharaan.

Liputan6.com, Alberta, Kanada - Membuang ikan mas ke ekosistem aslinya terbukti dapat mengubah spesies ikan. Sehingga, jangan heran jika Anda menemukan ikan mas berukuran sebesar piring makan.

Menurut Kate Wilson, spesialis hewan air dan spesies pengganggu dari Taman dan Lingkungan Hidup Kanada, ikan mas adalah spesies yang dianggap hewan pengganggu. Mereka tidak memiliki predator alami dan sanggup hidup dalam kondisi air yang buruk.

“Ikan terbesar yang kami tangkap berukuran sebesar piring makan,” ungkap Wilson, dikutip CNN.
“Ini sisi gila dari hewan air yang biasa dipelihara. Anda menyimpan mereka di akuarium dan mereka terlihat kecil dan lucu. Begitu Anda melepaskannya ke alam liar, ukuran mereka membengkak dan persedian makanan pun habis karena spesies ini bisa menjadi sangat besar,” sambung Wilson.

Ikan-ikan ini bereproduksi di lingkungan yang dingin, kasar, dan rendah kadar oksigennya, seperti di Fort McMurray yang terletak 275 mil (442,5 km) ke Selatan dari Edmonton, Alberta. Di tempat ini, mereka menemukan empat generasi ikan tersebut.

Namun, Wilson menganggap membuang ikan ke saluran air bukanlah tindakan paling wajar.
“Kami perkirakan ada ratusan hingga ribuan ikan berenang bebas di sungai dan air. Hal yang saya khawatirkan adalah bahwa orang-orang mengira ini tindakan wajar. Kita perlu membetulkan informasi yang salah ini.”

Membuang ikan hidup dari satu sumber air ke sumber air lainnya adalah tindakan ilegal. Pemilik yang tidak menginginkan ikannya lagi punya beberapa opsi: mengembalikan ikan itu ke penjual atau memberikannya pada orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.