Sukses

Penyelam Nekat Mengejar Hiu hanya `Bersenjatakan` Kamera

Seorang penyelam di California nekat mengejar seekor hiu dengan hanya `bersenjatakan` kamera bawah air.

Liputan6.com, Manhattan Beach - Seorang penyelam di California nekat mengejar seekor hiu dengan hanya `bersenjatakan` kamera bawah air. Penyelam itu, Michael Davids, mengunggah videonya ke YouTube untuk menceritakan kisah nekatnya pada Minggu lalu di Manhattan Beach, California. 

Dalam keterangan videonya, David memperkirakan hiu itu berukuran panjang 2,1 meter. Ia mengaku sedang berada di jarak 36 meter dari bibir pantai Manhattan Beach ketika menguntit hiu yang sedang tak acuh. Menurutnya, jenis ikan hiu yang dikuntitnya adalah hiu putih besar (great white shark).

Merujuk pada tulisan di National Geographic, dijelaskan bahwa ikan hiu jenis ini adalah jenis legendaris yang dianggap menakutkan. Kenyataannya, bayangan itu berlebihan. Dengan semakin banyaknya pengetahuan tentang hewan ini, semakin pudarlah gambaran manusia tentang kebuasannya.

Dari ratusan serangan hiu di seluruh dunia, hanya sekitar sepertiga hingga setengahnya yang disebabkan oleh hiu jenis ini. Kebanyakan serangan hiu putih tidak berujung maut dan temuan-temuan ilmiah menunjukkan bahwa, walaupun ikan hiu jenis ini tergolong hewan yang penuh rasa ingin tahu, mereka menggigit untuk sekadar mencicipi dan kemudian melepaskan sasarannya.

Meskipun hanya `mencicipi`, tetap saja membahayakan, kan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini