Sukses

Begini Cara Rusia Kampanye Melawan Pernikahan Sejenis

Partai Kesatuan Rusia membuat bendera `tandingan` untuk bendera pelangi.

Liputan6.com, Moskow Sejumlah pihak di Rusia merasa gerah melihat legalisasi pernikahan sesama jenis di Amerika Serikat. Partai berkuasa di Rusia merilis  `bendera heteroseksual` yang dirancang untuk menggambarkan `keluarga sejati` dan `nilai-nilai tradisional` sebagai reaksi terhadap pernikahan sesama jenis.

Partai Kesatuan Rusia, yang menaungi presiden Vladimir Putin, menciptakan bendera bergambar seorang pria, seorang wanita, dan tiga orang anak untuk membedakannya dengan bendera warna pelangi yang melambangkan gerakan hak-hak LGBT. Bendera ciptaan Kesatuan Rusia ini hanya tampil dalam dua warna dasar. Perilisannya bertepatan dengan Hari Keluarga, Cinta, dan Kesetiaan yang merupakan perayaan tahunan di Rusia dan jatuh pada Rabu lalu.

Kepada harian Izvestia, Andrei Lisovenko, yang menjabat wakil petinggi partai Kesatuan Rusia di Moskow mengatakan, “Inilah tanggapan kami terhadap pernikahan sesama jenis, yang merendahkan konsep keluarga. Kami wajib memperingatkan gejolak kaum sejenis di dalam negeri dan mendukung nilai-nilai tradisional negara kita.”

Namun, akun Twitter pecinta satir, RIP Novosti, menyamakan bendera ini dengan bendera La Manif Pour Tous milik sebuah kelompok di Prancis yang menentang pernikahan sesama jenis. Bendera versi Rusia memiliki gambar anak lebih anak dengan tulisan dalam bahasa Rusia, tetapi bayangan gambarnya serupa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.