Sukses

Bangunan Sekolah Unik Penampung Air Hujan

Pada halaman luas di bagian tengah, dikumpulkanlah air hujan agar menjadi genangan air bersih sehingga dapat dijadikan tempat bermain.

Liputan6.com, Tokyo - Jika sekolah pada umumnya membiarkan air hujan menggenangi halaman begitu saja, tidak dengan sekolah yang satu ini. Dai-Ichi Yochien yang merupakan sekolah taman kanak-kanak terbaru di kota Kumamoto, Jepang Selatan justru menampungnya.

Sekolah yang dirancang oleh Youji No Shiro -- desain arsitektur dan interior di bawah perusahaan arsitektur Hibino Sekkei, memiliki inovasi khusus untuk menampung air hujan.

Pada halaman luas di bagian tengah, dikumpulkanlah air hujan agar menjadi genangan air bersih sehingga dapat dijadikan tempat bermain oleh anak-anak.

Namun, jika hujan tidak turun, halaman itu digunakan sebagai lapangan olahraga. Bahkan dapat diubah menjadi arena berseluncur pada musim dingin. Tentunya, anak-anak seusia mereka mengharapkan agar musim hujan dan musim dingin segera datang.

Perencanaan membuat sekolah unik ini tentunya mendorong pihak sekolah untuk berpikir kreatif, agar tidak melulu dengan bangunan yang membosankan.

(Stevanie Adeline/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.