Sukses

Halilintar Menggelegar di Chile

Untuk Chile, sistem seperti ini hanya mungkin terjadi di lingkungan dengan iklim yang berubah-ubah.

Liputan6.com, Valparaiso Sebuah video yang diunggah Esteban Bustos menayangkan serbuan halilintar yang sambar menyambar di Viña del mar di Valparaiso, Chile. Kota itu adalah sebuah kota indah yang termasuk dalam daftar warisan dunia versi UNESCO. Esteban Bustos, pengunggah video ini, menjelaskan bahwa peristiwa ini terjadi pada 24 Maret 2015 lalu.

Sementara itu, curah hujan yang luar biasa pada akhir bulan Maret 2015 di utara Chile itu merupakan akibat dari perubahan iklim. “Untuk Chile, sistem seperti ini hanya mungkin terjadi di lingkungan dengan iklim yang berubah-ubah,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal untuk Badan Meteorologi Dunia, Jeremiah Lengoasa, kepada Reuters pada 27 Maret 2015 lalu. Pada saat itu, pejabat Badan Meteorologi Dunia (World Meteorological Organization) tersebut sedang berkunjung ke kota Santiago di Chile.

Hujan amat deras mulai turun sejak Selasa (24 Maret 2015) di wilayah tempat Atacama yang merupakan gurun terkering di dunia. Menurut badan penanggulangan bencana asional, Onemi, hujan ini menyebabkan 9 orang meninggal dunia. Sementara itu, 19 orang lainnya masih dinyatakan hilang. Ada sekitar 6.000 jiwa yang kehilangan tempat tinggal.

Selain itu, menurut Jeremiah Lengoasa, Chile akan kembali mengalami kejadian serupa di masa depan, “Hal ini adalah contoh kejadian ekstrem, kejadian yang tidak diduga di tempat yang tidak terduga pula.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini