Sukses

KFC Buka Gerai Pertamanya di Myanmar, Penggemar Antre Berjam-jam

Buka gerai pertama kalinya, penggemar ayam goreng di Myanmar rela antre berjam-jam untuk "The Colonel"

Liputan6.com, Yangon - Penggemar ayam goreng tepung di Myanmar boleh berbahagia. Pasalnya gerai fast food Amerika yang terkenal, KFC, membuka restoran pertamanya di pusat ekonomi Myanmar, Yangon.

KFC adalah salah satu merek terkenal yang hadir di Myanmar setelah reformasi dan dihapusnya sanksi untuk negara yang lama dikuasai junta militer.

Tak lama pintu dibuka saat makan siang, antrean mengular untuk menikmat rasa renyah ayam goreng khas Amerika itu. Salah satu yang tak sabar menyantap KFC adalah Kyaw Moe. Ia sabar menunggu hampir 3 jam bersama 8 anggota keluarganya.

"Saya ingin merasakan KFC. Ini pertama kali dalam hidup saya. Tante saya di Singapura bilang kalau KFC juga terkenal di sana," katanya sambil tersipu, seperti dikutip Bangkok Post.  "KFC sudah terkenal di dunia internasional, pastilah ini sehat." tambahnya.

Selain itu, banyak pengantre berusia remaja. Tampak dari mereka selfie berlatar belakang KFC--sebuah pemandangan yang sangat jarang di masa lalu.

Htet Ei, 18, bersama tiga temannya berkata hampir setiap hari dia mengecek kapan KFC buka. "Sekarang, anak-anak muda kami bisa makan seperti anak muda lainnya di seluruh dunia. Saya akan datang ke sini tiap hari,"katanya.

 

Pengunjung antre di pembukaan KFC pertama di Yangon, Myanmar. (Reuters)


Selama di bawah pemerintahan junta militer, merek-merek barat hampir jarang ditemukan. Negara ini menjadi terisolasi selama hampir setengah abad. 

Tidak hanya itu, ekonomi di Myanmar sangat tertinggal dibanding negara-negara lainnnya. Namun, setelah junta berakhir, ekonomi negara ini telah merayap naik.

Perusahaan Amerika termasuk Coca-Cola, Pepsi, Chevrolet, dan Frod sudah memulai penjualannya di Myanmar.  KFC tampaknya mengalahkan para saingannya, tapi dia bukanlah yang pertama yang masuk ke Myanmar. Sebelumnya, telah hadir Restoran Lotteria Burger milik Korea Selatan di tahun 2013 dan sekarang punya 7 cabang.

KFC beroperasi dengan sistem franschise atau waralaba. Menurut keterangan persnya, tersedia 240 tempat duduk dan menawarkan "porsi besar" dan "harga terjangkau".

"Ini adalah mimpi kami yang akhirnya terwujud. KFC buka di Rangoon, salah satu kota terbesar di dunia dan mempunyai ekonomi yang akan kuat di masa  mendatang, " kata Micky Pant, Kepala KFC. (Rie/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini