Skuter Cerdas Bertenaga Listrik Inikah Idaman Anda?

Oleh Alexander Lumbantobing pada 23 Jun 2015, 09:20 WIB
Diperbarui 23 Jun 2015, 09:20 WIB
Skuter Listrik Impian
Perbesar
Skuter ini dapat dipasangkan dengan telepon pintar sehingga bisa dilakukan pengaturan berbagai fiturnya melalui telepon pintar.

Liputan6.com, Taipei - Suatu perusahaan Taiwan menciptakan skuter mendapat daya seluruhnya dari baterai isi ulang. Tayangan video oleh Business Insider yang belum lama ini dilansir melalui AOL itu berisi ulasan tentang Smartscooter buatan perusahaan Gogoro. Dijelaskan bahwa pemesanan bisa dimulai pada 27 Juni 2015, walaupun masih terbatas untuk pasar Taipei di Taiwan.

Untuk mengisi baterainya, para pengguna akan menuju salah satu dari 32 stasiun penukaran baterai yang ada di sekeliling Taipei. Pengguna akan mengeluarkan baterai yang sudah habis dayanya, lalu menukarnya dengan baterai yang penuh dengan menggunakan mesin penukaran otomatis. Dengan baterai yang penuh, skuter ini dapat berkelana hingga 96 kilometer.

Bukan hanya itu, skuter ini dapat dipasangkan dengan telepon seluler pintar sehingga bisa dilakukan pengaturan berbagai fiturnya melalui ponsel cerdas tersebut. Namun demikian, karena baterainya dibuat secara khusus oleh Gogoro, kemungkinan besar perkembangan pasar skuter ini harus menunggu ketersediaan baterai dan stasiun pengisiannya.

"Skuter teknologi tinggi ini diharapkan akan mempersiapkan Taiwan untuk memasuki tingkat berikutnya dalam dunia transportasi," demikian menurut CEO perusahaan tersebut, Horace Luke. Pria itu sebelumnya menjadi kepala inovasi di HTC. (Alx/Ans)