Sukses

Partai Erdogan Kehilangan Mayoritas di Parlemen Turki

Hal ini seperti diisyaratkan dalam perkiraan pendahuluan hasil pemilu Turki.

Liputan6.com, Ankara - Partai AK, partai yang berkuasa di Turki, bakal kehilangan mayoritasnya di parlemen. Hal ini seperti diisyaratkan dalam perkiraan pendahuluan hasil pemilu.

Proyeksi tersebut juga mengisyaratkan HDP, partai yang mendukung Kurdi, akan melewati batas 10% suara yang berarti untuk pertama kalinya dipastikan memiliki kursi.

"Setelah 90% suara dihitung, AKP hanya mendapatkan 42%," demikian menurut stasiun televisi Turki, seperti dikutip BBC, Senin (8/6/2015).

Jika telah dipastikan, maka hasil ini akan mengakhiri penguasaan satu partai AKP yang telah berlangsung selama 13 tahun, dan merusak rencana Presiden Recep Tayyip Erdogan yang sedang berusaha meningkatkan kekuasaannya.

Presiden Erdogan, yang pertama kali menjadi perdana menteri pada 2003, berusaha mendapatkan mayoritas dua pertiga suara guna menjadikan Turki sebagai republik yang dipimpin presiden.

Perdana Menteri Ahmet Davutoglu sepertinya menerima hasil pemilu. "Keputusan rakyat adalah keputusan yang paling benar," katanya saat bersiap-siap terbang dari kota asalnya Konya ke ibukota Ankara," ucap Davutoglu.

"Pemilu pada Minggu 7 Juni 2015 itu memang memberikan hasil yang luar biasa dan dipandang mewakili perubahan besar politik Turki," tulis wartawan BBC Mark Lowen. (Ans/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.