Sukses

Kursi Roda Ini Bisa Mendaki Tangga dengan Mudah

Sebetulnya kemampuan menaiki tangga sudah pernah ditambahkan kepada sejumlah produk kursi roda lain di masa lalu.

Liputan6.com, Zürich Sebuah kursi roda canggih buatan Swiss diciptakan dengan kemampuan menaiki tangga. Sebetulnya kemampuan menaiki tangga sudah pernah ditambahkan kepada sejumlah produk kursi roda lain di masa lalu, misalnya iBot buatan Amerika Serikat pada 2009. Namun produk keluaran Johnson & Johnson itu mahal harganya dan mensyaratkan setidaknya satu tangan untuk menjalankan alat.

Merujuk kepada Huffington Post yang mengutip dari situs web perusahaan pembuatnya, Jumat (5/6/2015) disebutkan bahwa kursi roda Scalevo merupakan buah pikiran 10 mahasiswa teknik elektro dan teknik mesin di Swiss Federal Institute of Technology (ETH) dan jurusan rancangan industri di Universitas Kesenian Zürich.

Pada awalnya, seorang mahasiswa ETH, Beni Winter, menjajal suatu robot yang dapat mendaki tangga dan membuat rekaman video mengenainya. Belakangan, setelah berbincang dengan seorang dosen, ia bersama dengan timnya mempertajam gagasannya menjadi pembuatan kursi roda yang dapat memanjat tangga.

Pada musim panas lalu, kelompok tersebut mencanangkan tenggat waktu 10 bulan untuk menciptakan suatu kursi yang mengacu kepada sistem Segway. Kursi roda ini menjaga keseimbangan pada dua roda dan saat mendaki tangga menggunakan dua lajur telapak terbuat dari karet yang dipasang di bagian bawah kursi roda. Kecepatan pendakian akan ditambah dari kecepatan sekarang yang terlihat dalam tayangan video ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini