Sukses

Aksi Lucu Gurita Sembunyi di Cangkang Kerang

Saksikan ulah di gurita yang bersembunyi di cangkang bekas kerang dalam video berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Walau lucu, gurita sesungguhnya hewan nokturnal -- beraktivitas malam hari -- yang cukup misterius. Jarang ada ilmuwan atau pengamat kehidupan alam yang bisa menangkap kegiatan seekor gurita sepanjang hari.

Namun baru-baru ini sekelompok penyelam berhasil menemukan kebiasaan unik veined octopus –- gurita bergurat.

Dari video yang dirilis oleh EarthTouchNews.com, Rabu (3/6/2015), terlihat hewan cephalopod ini berjalan mondar-mandir, mengambil sebuah cangkang kerang bentuk terompet dengan tentakelnya, dan kembali berjalan maju-mundur. Aksinya seperti sedang mencoba-coba pakaian di sebuah toko. Lucunya...

Beberapa cangkang kerang yang dicoba terlihat terlalu kecil untuk si gurita. Setelah berkali-kali menjajal, akhirnya ia pun menemukan yang pas.

Si gurita pun masuk ke dalam cangkang kerang clam. Dengan tentakelnya ia mengatupkan 'rumah' barunya itu, sampai tubuhnya hampir sama sekali tak terlihat. Sama sekali tak terduga jika ada makhluk pemburu di baliknya.

Saat berpindah tempat pun, si gurita yang dijuluki Kleptopus ini membawa cangkang tersebut di bawah perutnya. Lalu kembali bersembunyi di tempat pengintaian mangsa. Pantas saja ya, jarang ada yang bisa menemukan kaum gurita di siang hari.

Berikut ini rekaman aksi si gurita saat bersembunyi di balik cangkang bekas kerang. (Ikr/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.