Sukses

Serba Cekat Petugas Pembersih Kereta Cepat di Jepang

Sebuah video menayangkan kisah kecekatan para pekerja kebersihan khusus kereta cepat di Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Sebuah video menayangkan kisah kecekatan para pekerja kebersihan khusus kereta cepat di Jepang. Video berjudul '7-Minute Miracle' itu diunggah ke YouTube oleh Charli James yang mengikuti program Dateline Tokyo. Program ini adalah program yang dirancang untuk mengajak para wartawan luar Jepang untuk mendapatkan pengalaman langsung kehidupan di Jepang.

Dalam tayangan itu dijelaskan ada 323 kereta ‘peluru’ Shinkansen yang meninggalkan stasiun Tokyo setiap harinya, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja yang membersihkan seluruh rangkaian kereta tersebut sebelum berangkat lagi. Dengan banyaknya jadwal keberangkatan kereta, para pekerja hanya diberi waktu kurang dari 8 menit untuk melakukan tugas mereka.

Tayangan ini menampilkan kedalaman pemahaman disiplin, kesederhanaan, dan integritas yang menjadi ciri bangsa Jepang. Para pekerja itu bahkan melakukan tugasnya dalam kerangka tradisi yang sangat dijaga, misalnya dengan sikap membungkuk setelah menyelesaikan setiap tugas.

Merujuk kepada India.com, dijelaskan bahwa Shinkansen merupakan kereta ‘peluru’ yeng berulangkali memecahkan rekor kecepatan sedunia dan telah melayani Tokyo sejak tahun 1964. Dengan daya tampung penumpang dan kecepatannya yang luar biasa pada jam-jam sibuk, sarana pengangkutan ini menjadi sangat vital bagi perekonomian Jepang.

Berikut video kecekatan para pekerja kebersihan kereta cepat di Jepang. (Alx/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini