11 Tahun Tak Ada Kabar, TKW Palembang Diduga Hilang di Malaysia

Oleh Nefri Inge pada 21 Mei 2015, 15:02 WIB
Diperbarui 21 Mei 2015, 15:02 WIB
[Bintang] Negara-Negara yang Ramaikan Piala Sudirman (Group 1)
Perbesar
1D Malaysia. (Via: imgkid.com)

Liputan6.com, Palembang - Sudah lebih dari 11 tahun Nurianah berangkat ke Malaysia untuk menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW). Namun, selama itu juga, warga Kabupaten Pagaralam, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) ini tidak ada kabar.

Bahkan, para keluarga mencemaskan TKW ini sudah menghilang di Negeri Jiran tersebut. Terlebih pada tahun lalu, adanya deportasi besar-besaran di Malaysia.

Diungkapkan Hamzah, adik kandung Nurianah, tahun 2004 sang kakak berangkat ke Malaysia bersama anaknya, Jenny. Namun, yang pulang kembali ke Pagaralam hanyalah Jenny pada tahun 2007.

"Sampai sekarang Nur (panggilan akrabnya) belum juga pulang. Padahal anaknya sudah kembali ke sini, tapi dia yang tidak pulang. Kalau memang benar dideportasi, harusnya Nur sudah ada di Indonesia. Tapi di mana sekarang? Kita belum mendapatkan kabar sama sekali," ungkap Hamzah kepada Liputan6.com, Rabu (21/5/2015).

Pihaknya pun berharap, sang kakak bisa segera ditemukan dan pulang ke rumah. Karena, sudah sangat lama Nurianah tidak pulang ke kampung halaman. Para keluarga pun terus menanti kepulangannya.

Ditambahkan Jenny (30), anak Nurainah, ia dan sang ibu terpisah setelah mereka berdua sampai di Malaysia pada 2004 lalu.

"Bersama agen penyalur TKW, kita berangkat ke tempat penampungam ke Jakarta dan pindah lagi ke Medan. Barulah dari Medan, kami diterbangkan ke Malaysia. Tapi sesampai di sana, kita terpisah karena lokasi kerja yang berbeda, dan saya juga kehilangan kontak ibu. Sampai kontrak kerja habis di tahun 2007 dan pulang ke Pagaralam, saya tidak tahu dengan kabar ibu," ucap Jenny. (Tnt/Mut)

Tag Terkait