Sukses

Aksi 'Petak Umpet' Penyelam dan Gurita

Saat Ewing akan memotretnya, si gurita malah berenang dengan rendah agar tak tertangkap kamera. Adegan itu terjadi berulang-ulang.

Liputan6.com, Hawaii - Seekor gurita direkam sedang penasaran melihat seorang penyelam dan mencoba mengamati 'tamu' itu dengan hati-hati. Hewan laut tersebut memang diketahui memiliki kecerdasan tinggi. Aksi 'petak umpet' pun terjadi di antara keduanya.

Kala itu, penyelam Timothy Ewing tengah berada di lepas Pantai Kona, Hawaii pada awal bulan Mei 2015. Ia kemudian memasang kamera tahan air menggunakan tripod, dan berenang ke sisi lain di balik batu karang persembunyian hewan cerdas itu.

Lalu saat Ewing akan memotretnya, si gurita malah berenang dengan rendah agar tak tertangkap kamera. Adegan itu terjadi berulang-ulang.

"Aku sudah cukup sering menyelam untuk memahami bahwa gurita acap kali berada di tempat-tempat penyelaman. Aku berinteraksi selama kira-kira 10 menit, sebelum merekam dengan video," ungkap Timothy Kepada California Diver.

Gurita kerap mencari mangsanya di siang hari, dan mengembangkan cara penyamaran yang hebat. Hewan itu bisa menciptakan berbagai rupa pola, warna, dan tekstur menyerupai benda-bendar di sekitarnya di dasar laut.

Menurut pengamatan ahli biologi Roger Hanlon, gurita melakukan 1.000 kali penyamaran dalam rentang waktu 7 jam di lepas pantai Hawaii. (Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini