Sukses

Uji Coba Alat Bedah Canggih di Kulit Anggur

Sebuah alat bedah canggih dipakai dalam uji coba untuk menutup kembali kulit anggur yang koyak.

Liputan6.com, Sunnyvale - Sebuah alat bedah canggih dipakai untuk menutup kembali kulit anggur yang koyak. Dalam tayangan video  uji coba alat bedah itu, terlihat kemampuan Da Vinci Surgical System melakukan pembedahan sedemikian halusnya sehingga dapat menutup kulit tipis buah anggur yang terkoyak.

Dalam keterangan video itu disebutkan bahwa teknologi yang sama dapat diterapkan untuk melakukan bedah yang rumit.

Melalui situsnya, alat bedah itu disebutkan sebagai platform robotika yang dirancang untuk membantu dokter melakukan bedah rumit untuk pembedahan besar.

Sistem ini hanya memerlukan sayatan kecil pada tubuh pasien untuk menyusupkan instrumen mini yang diperlengkapi dengan kameri 3D dengan resolusi tinggi. Dokter bedah melakukan pembedahan sambil duduk di meja pengendali yang diperlengkapi dengan tampilan gambar 3D yang diperbesar.

Sistem ini menterjemahkan gerakan-gerakan tangan dokter bedah menjadi gerakan-gerakan mikro di ujung alat bedah yang sedang berada dalam tubuh pasien. Walaupun robot, alat ini tidak dapat bergerak sendiri. Dokter bedah sepenuhnya mengendalikannya.

Melalui situs alat bedah robot itu, dituliskan juga adanya risiko kematian. Sejumlah dampak lain misalnya cedera pada jaringan tubuh atau organ tubuh, infeksi dan lecet dalam tubuh yang lama pulihnya.

Selagi dalam pemakaian, dapat saja terasa nyeri karena penempatan alat, ketidaknyamanan karena penggunaan semprotan udara atau gas selama pembedahan, atau perpanjangan masa bius karena keperluan penggantian cara pembedahan.

Sebagai catatan, bahwa para pasien yang tidak boleh dibedah non-invasive tentunya tidak boleh dilakukan pembedahan dengan robot ini.

(Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini