Sukses

Penampakan Rumah Tanah Liat Termahal

Sebuah rumah menakjubkan dibuat dari bahan tembikar (tanah liat), namun tidak terlihat jelek.

Liputan6.com, Santa Fe Sebuah rumah menakjubkan dibuat dari bahan tembikar (tanah liat), namun tidak terlihat jelek. Rumah tembikar di Santa Fe di negara bagian New Mexico di Amerika Serikat itu dikenal dengan nama Pottery House.

Rancangan arsitek legendaries Frank Lloyd Wright sangat mengesankan. Bahkan kebanyakan perabotan rumah itu dibangun menyatu dengan bangunan rumah dan dirancang sendiri oleh arsitek kondang tersebut.

Menurut pemilik rumah itu sekarang, Andrea Soeiro, arsitek itu mengganti gaya rancangannya secara dramatis sejak pindah dari Pantai Timur AS ke negara bagian Arizona yang berbatasan dengan negara bagian New Mexico.

Sewaktu dijual oleh Frank Lloyd Wright di akhir 2012 lalu, rumah indah dan unik tersebut dihargai hampir 5 juta dollar AS atau setara dengan lebih dari 65 miliar rupiah. Rumah yang ada dalam tayangan video ini terletak di 1430 Hyde Park Rd, Santa Fe, New Mexico.

Merujuk kepada keterangan perusahaan jual-beli rumah Zillow, disebutkan bahwa Frank Lloyd Wright sebetulnya ingin membangun rumah tembikar di El Paso di negara bagian Texas pada tahun 1920-an. Namun terjadi perbedaan pendapat antara arsitek itu dengan pemilik rumah sehingga rencana itu dibatalkan di akhir tahun 1940-an.

Pada 30 tahun kemudian, pengembang Charles Klotsche dari kota Minneapolis di negara bagian Minnesota meminta izin dari Yayasan Frank Lloyd Wright perihal penggunaan rancangan rumah tembikar tersebut. Pembuatan rumah tembikar baru itu melibatkan para arsitek yang pernah dilatih oleh Frank Lloyd Wright.

Rancangan baru terebut menambah luas lantai dari sekitar 222 meter persegi menjadi 455 meter persegi. Rumah baru yang merujuk kepada rancangan Frank Lloyd Wright itu mulai dibangun pada 1984 dan selesai pada 1985 dengan persetujuan dari Yayasan Frank Lloyd Wright.

Walaupun bukan dibangun oleh Frank Lloyd Wright, yayasan itu mengakuinya sebagai salah satu karya Frank Lloyd Wright.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini