Sukses

Keren, Jalan Raya 'Glow in The Dark'

Jalan raya ini menyerap daya matahari selagi siang, menyalakan pendar pada malam hari menggunakan daya yang disimpan pada siang harinya.

Liputan6.com, Brabant - Teknologi canggih untuk jalan raya dikembangkan di Belanda. Di mana jalanan itu glow in the dark atau dapat berpendar pada waktu malam atau ketika hari menjadi gelap.

Dengan kemampuannya untuk berpendar, jalan raya itu menghemat pemakaian daya untuk penerangan jalan. Sekaligus meningkatkan keselamatan di jalan raya, karena batas-batas dan rambu-rambu jalan jadi lebih terlihat.

Teknologi itu mulai diterapkan pada pertengahan 2013, dimulai dari jalan-jalan raya di Provinsi Brabant.

Dua perusahaan Belanda, Studio Roosegaarde dan Heijmans Infrastructure merancang agar jalan raya ini menyerap daya matahari selagi siang dan menyalakan pendar pada malam hari menggunakan daya yang disimpan pada siang harinya.

Bukan hanya itu, jalan raya itu dapat dirancang untuk peka terhadap cuaca dingin. Sehingga memberikan pendar bentuk tertentu sebagai pemberitahuan cuaca dingin kepada para pengemudi.

(Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.