Sukses

Cara Menghidupkan Tank Perang Dunia II

Tank Tiger I dalam video ini merupakan salah satu tank paling terkenal selama Perang Dunia II.

Liputan6.com, Berlin - Tank tempur pada Perang Dunia II memiliki pilihan untuk menghidupkan mesinnya secara manual. Dalam suatu tayangan video yang diunggah oleh pengguna Wonkabar007,  terlihat caranya menyalakan tank tempur dengan memutar poros mesin menggunakan tangan.

Tank Tiger I dalam video ini merupakan salah satu tank paling terkenal selama Perang Dunia II. Milik pasukan Jerman ini, termasuk tank terberat pada masanya yang dikembangkan pada tahun 1942.

Nama resminya adalah Panzerkampfwagen VI Tiger Ausf.E, atau lebih dikenal dengan Tiger I.

Tank ini digerakkan mesin Maybach 230 dengan susunan V12. Mesin pemusnah ini merupakan buah karya perancang terkenal, Ferdinand Porsche. Karena ukurannya, tank ini tak terlalu mudah diangkut ke garis depan.

Susunan roda baja bertindihan memang melindungi badan tank itu, namun demikian mudah macet di dalam lumpur atau es yang membeku. Sejak tahun 1944, produksinya dihentikan dan diganti dengan Tiger II.

Hanya sedikit tank ini yang masih tersisa, salah satunya adalah tank dengan nomor body 131 yang berada di museum tank di Bovington di Dorset di bagian tenggara negara Inggris.

Di museum itu terdapat hampir 300 kendaraan tempur berbagai jenis dari 26 negara, termasuk Tiger I nomor badan tank 131 tersebut.

(Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.