Sukses

Hebat! Cairan Baru Ini Anti Peluru

Suatu cairan dengan sifat non-Newton dikembangkan menjadi bahan anti peluru.

Liputan6.com, Jakarta Suatu cairan dengan sifat non-Newton dikembangkan menjadi bahan anti peluru. Para peneliti di suatu perusahaan Polandia menggunakan cairan yang dikenal dengan Shear-Thickening Fluid (STF) ini menjadi anti peluru jenis baru.

Cairan ini dikenal juga dengan cairan non-Newton, karena tidak tunduk kepada kaidah Newton dalam dunia fisika. Ketika air ini mendapat tekanan luar biasa besar, cairan ini malah mengental.

Dengan campuran yang tepat, cairan ini akan mengeras menjadi lapisan anti peluru ketika sebutir peluru menerpa permukaannya.

Merujuk kepada Huffington Post, disebutkan bahwa bahan baru ini bukan saja menahan laju peluru, tapi juga mencegah penyebaran energi kinetik yang dapat merusak organ tubuh bagian dalam.

Perusahaan Moratex di Polandia mengembangkan bahan ini dan mendapat dukungan dari Lembaga Teknologi Persenjataan di Warsawa. Bahan non-Newton sebetulnya bukan bahan baru dan mencakup saus tomat, pasta gigi, kanji, dan cairah darah. 

Namun demikian perusahaan itu mengaku bahwa mereka telah menemukan ramuan dengan koefisien kekentalan yang tepat sehingga bisa cairan dengan ramuan mereka dapat menahan laju peluru yang ditembakkan dengan kecepatan lebih dari 450 meter/detik. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini