Sukses

Karya Seni Unik dari Reaksi Kimia

Suatu reaksi kimia yang terkenal menghasilkan pola-pola indah yang menggugah cita rasa kesenian.

Liputan6.com, Jakarta Suatu reaksi kimia yang terkenal menghasilkan pola-pola indah yang menggugah cita rasa kesenian. Dalam suatu tayangan video YouTube yang diunggah pengguna Stephen Morris, ditayangkan reaksi kimia Belousov Zhabotinsky yang tersohor itu.

Tayangan itu sebetulnya merupakan percepatan hingga 8 kali dari proses kimia aslinya. Dalam tayangan itu, proses kimianya dilakukan oleh Michael Rogers.

Dari beberapa sumber, disebutkan bahwa reaksi kimia Belousov Zhabotinsky, yang dikenal dengan reaksi BZ, menampilkan perubahan warna dengan berjalannya waktu.

Reaksi BZ merupakan contoh klasik termodinamika nonekuilibrium sehingga menciptakan osilator kimia nonlinear. Secara teoritis, reaksi BZ merupakan hal yang penting karena ini menunjukkan bahwa reaksi kimia tidak harus didominasi oleh perilaku termodinamika berkesetimbangan (equilibrium). Model matematika untuk reaksi kimia ini juga menarik secara teori.  (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini