Sukses

Kenangan Dari Chernobyl

Kota Chernobyl ditimpa malapetaka berupa ledakan suatu reactor nuklir pada tahun 1986.

Liputan6.com, Jakarta Wartawan Danny Cooke mendapatkan kesempatan tugas liputan ke kota Chernobyl di Ukraina untuk ditayangkan dalam program ‘60 Minutes’ di CBS News.

Kota Chernobyl ditimpa malapetaka berupa ledakan suatu reactor nuklir pada tahun 1986. Pada saat itu, penduduk kota terancam bahaya radiasi nuklir dan kota itu terpaksa ditinggalkan menjadi kota mati.

Beberapa saat sesudah malapetaka itu, debu ledakan nuklirnya merambat terbawa angin ke arah barat. Wartawan itu masih kecil dan tinggal di Italia bersama orangtuanya pada saat kejadian. Di Italia, terbit larangan dari pemerintah Italia untuk memusnahkan hasil-hasil segar pertanian karena khawatir adanya bahaya radiasi nuklir.

Selama peliputan itu, ia menyempatkan diri untuk menginap selama seminggu di Pripyat di dekat Chernobyl. Kota itu juga itu ditinggalkan oleh para penghuninya.

Rekaman video ini dimungkinkan dengan penggunaan drone. Koresponden untuk program ini adalah Bob Simon dan para produsernya adalah Michael Gavshon dan David Levine. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini