Malaysia Tangkap 17 Terduga ISIS yang Rencanakan Teror di Ibukota

Oleh Rizki Gunawan pada 06 Apr 2015, 14:42 WIB
Diperbarui 06 Apr 2015, 14:42 WIB
Ilustrasi ISIS
Perbesar
Ilustrasi ISIS

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Kepolisian Malaysia menangkap 17 orang yang diduga anggota ISIS. Belasan orang tersebut diduga berencana melakukan aksi teror di Ibukota Kuala Lumpur.

"Polisi Divisi Terorisme kami berhasil menangkap 17 orang yang diduga melancarkan aksi terorisme. Dua di antaranya baru pulang dari Suriah," ujar Kepala Kepolisian Malaysia Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Tan Sri Khalid Abu Bakar, seperti dimuat The Malaysian Insider, Senin (6/4/2015).

Dia menjelaskan penangkapan tersebut terjadi pada hari Minggu 5 April kemarin. Tak disebutkan kebangsaan dan asal wilayah belasan tersebut tersebut. Juga tak dibeberkan aksi teror seperti apa yang bakal dilakukan.

Kepolisian negeri jiran mengendus cara sejumlah tersangka mengelabui petugas imigrasi, yakni dengan berpura-pura menjadi calon jemaah haji yang berangkat ke Arab Saudi. Mereka kemudian menyelinap dan pergi menuju Suriah.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, para WNI tersebut mengaku ingin memasuki Suriah untuk bergabung dengan ISIS. Mereka disebutkan ingin menyusul rekan yang sudah berada di Suriah.

Kepolisian negeri jiran sebelumnya membekuk 12 warga negara Indonesia (WNI) yang berencana pergi ke Turki untuk kemudian menyusup ke Suriah pada Desember 2014 lalu. BelasanĀ WNI itu kemudian dipulangkan ke Tanah Air. (Riz/Ein)

Tag Terkait