Sukses

Penampakan Lubang Putih Misterius di California

Foto-foto formasi awan aneh di atas California Utara sempat menggegerkan sosial media.

Liputan6.com, California - Foto-foto formasi awan aneh di atas California Utara sempat menggegerkan sosial media. Membuat para netizen bertanya-tanya: apa yang sesungguhnya terjadi di luar sana? Di luar Bumi.

Gambar tak biasa tersebut bermunculan di Twitter, Facebook, dan Instagram. Menunjukkan penampakan lubang tak biasa, berwarna putih cerah, yang muncul di antara awan di langit Stockton Jumat 9 Mei 2014 sore.

Jadi, apakah fenomena awan tersebut? Penjelasan ilmiahnya, fenomena tersebut diduga adalah Fallstreak hole -- formasi awan berbentuk lingkaran di mana terdapat celah lubang di tengah. Lubang tersebut terbentuk pada saat suhu air awan di bawah titik beku, tapi air tidak membeku karena kurangnya partikel nukleasi.

Fenomena yang sama pada tahun 2010 juga menyebabkan spekulasi merajalela. Situs CBS13 mencatat, formasi seperti itu sering terjadi di sejumlah wilayah di dunia, namun jarang terlihat di tempat-tempat yang hangat seperti Stockton. (Ein/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.