Sukses

PM Singapura dan Presiden China Hadiri Ajang KAA

Sejumlah pemimpin dunia akan menghadiri Konfrensi Asia-Afrika (KAA) yang akan digelar di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pemimpin dunia akan menghadiri Konfrensi Asia-Afrika (KAA) yang akan digelar di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April 2015.

Dari keterangan Direktur Kerjasama Intrakawasan Asia Pasifik Afrika Kementerian Luara Negeri, Ben Carnadi mengatakan, jumlah kepala negara/pemerintahan yang sudah mengonfirmasi kehadirannya makin bertambah.

Meski tidak mau menyebut jumlah secara detail, Ben mengatakan lebih dari 30 pemimpin dunia dipastikan hadir.

"Raja dari Swaziland (Mwasti III), Presiden Vietnam (Truong Tan Sang), Presiden China (Xi Jinping), Presiden Iran (Hassan Rouhani), Ketua Dewan Presidium Dewan Rakyat Korut (Kim Yong Nam), Presiden Myanmar (Thein Sen), Presiden Mozambik (Filipe Nyusi), Perdana Menteri Singapura (Lee Tsien Loong) mengonfirmasi akan hadir," kata Ben di kantor Kemlu Jakarta, Kamis (2/4/2015).

Ketika disinggung apakah seluruh negara Asia Tenggara sudah dipastikan mengirimkan Kepala Negara atau Pemerintahan, Ben menjawab belum seluruh, tanpa memberikan detail lengkap negara ASEAN mana saja yang sudah atau belum memberikan konfirmasi hadir.

"(Pemimpin) ASEAN akan didorong terus (untuk hadir), memang belum semua, setidaknya ada tiga negara yang belum konfirmasi," jelas Ben.

Presiden Mesir Tak Hadir



Dalam kesempatan yang sama Juru Bicara Kemlu, Arrmanatha Nasir angkat bicara soal kesimpang-siuran kedatanagan dari Presiden Mesir Abdel Fattah El Sisi. Mesir merupakan salah satu pengagas KAA pertama pada 1955.

Arrmanatha mengatakan Presiden Sisi berhalangan untuk hadir. Alasannya pun, sebut Arrmanatha, sangat bisa dimengerti oleh Indonesia.

"Presiden Mesir tidak hadir karena pemilu di negaranya, bukan karena tidak mau hadir atau tak mau terlibat dalam KAA," pungkas dia. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.