Sukses

Kesal Dituduh Korupsi, Politisi Pengkritik Obama Mundur

"Saya marah karena jaksa di Departemen Kehakiman tertipu untuk memulai penyelidikan ini 3 tahun lalu, dengan tuduhan palsu."

Liputan6.com, New York - Senator ternama AS, Bob Menendez didakwa dengan 14 kasus tuduhan korupsi. Politisi Partai Demokrat dari New Jersey tersebut dituduh menggunakan pengaruhnya secara ilegal kepada seorang dokter mata Florida.

"Saya kesal dengan sanksi tersebut, itu tuduhan palsu," ucap Menendez dalam sebuah konferensi pers seperti dikutip dari BBC, Kamis (2/4/2015).

14 tuduhan yang dijeratkan padanya, termasuk konspirasi dan membuat pernyataan palsu, serta delapan tuduhan suap.

Meski tuduhan tersebut belum terbukti, namun Menendez memutuskan 'angkat kaki' dari jajaran atas Partai Demokrat pada Komite Hubungan Luar Negeri AS. Ia juga bersumpah tak akan bungkam dan akan memperjuangkan segala tuduhan yang dijatuhkan padanya.

Permintaan mundur untuk Menendez juga disampaikan oleh koran terbesar New Jersey, The Star-Ledger, telah meminta dia untuk mengundurkan diri kursi senat-nya.

"Saya marah karena jaksa di Departemen Kehakiman tertipu untuk memulai penyelidikan ini 3 tahun lalu, dengan tuduhan palsu dari orang-orang yang memiliki motif politik untuk membungkamku," kata Menendez di depan kerumunan pendukungnya yang bersorak di Newark.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pak Senator Menendez memang dikenal sebagai pengkritik keras kebijakan Presiden Barack Obama yang berkaitan dengan Iran dan Kuba. Ia juga dianggap salah satu anggota parlemen Amerika Hispanik paling berpengaruh di Kongres, dan merupakan penulis utama undang-undang yang akan memperketat sanksi terhadap Iran. (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.