Sukses

Jelang Pemilu, PM Inggris Ungguli Lawannya

Dalam jajak pendapat yang digelar sejumlah media terkemuka di Inggris, Cameron masih unggul di atas Miliband.

Liputan6.com, London - Pemilihan umum (Pemilu) Inggris tinggal menghitung hari. Dua orang calon terkuat yaitu Perdana Menteri incumbent David Cameron dan penantangnya dari Partai Buruh Ed Miliband tengah adu strategi demi mendulang dukungan sebelum pemilu tanggal 7 Mei 2015.

Namun, setidaknya saat ini, PM Cameron bisa bernapas lega. Dalam jajak pendapat yang digelar sejumlah media terkemuka di Inggris, Cameron masih unggul di atas Miliband.

Sebanyak 54 persen warga Inggris masih menginginkan diperintah oleh pemimpin Partai Konservatif tersebut. Sementara lawannya harus lebih bekerja keras karena hasil survei menunjukkan, ia hanya mendapat dukungan 46 persen.

Keberhasilan Cameron itu didulangnya setelah melakukan debat dan wawancara secara terpisah dengan Miliband. Cameron mengatakan penolakan debat head to head dengan Miliband karena dia ingin menghormati calon PM lain dari partai kecil.

Sehingga jika debat seperti itu ingin tetap dilaksanakan maka Cameron meminta agar semua calon diikutsertakan. Tanpa terkecuali.

Dalam debat terpisah dengan Miliband, Cameron banyak berbicara soal masa depan Negeri Ratu Elizabeth. Terutama mengenai masalah sensitif terkait keanggotaan Inggris di Uni Eropa.

Menurut Cameron keanggotaan Inggris di Organisasi Negara Benua Biru sudah saatnya dikaji ulang. Oleh sebab itu, kemungkinan besar dia akan memprakarsai adanya referendum soal masalah itu.

Selain keanggotaan di UE, pada kesempatan tersebut, Cameron mengakui ada kesalahan kecil dalam lima tahun masa pemerintahannya. Karena itu dia meminta agar warga Inggris kembali memilihnya demi memperbaiki kesalahan serta menyelesaikan pembangunan dan perekonomian.

"Jika kalian mengatakan kita belum cukup cepat untuk memotong defisit, saya setuju. Kita perlu untuk menyelesaikan pekerjaan," kata Cameron seperti dikutip oleh Reuters, Jumat (27/3/2015).

Sementara dalam wawancara yang sama, Miliband dinilai masih belum bisa memberikan solusi untuk beberapa persoalan serius. Termasuk masalah Skotlandia masih ingin berpisah dengan Inggris.

Ia juga masih harus bekerja lebih keras serta adanya beberapa suara sumbang yang tak percaya Miliband mampu memimpin Inggris, pria ini mengeluarkan pembelaannya. Dia menegaskan masalah itu tidak menjadi penghalang untuk maju dalam Pemilu.

"Saya telah diremehkan dalam setiap kesempatan tapi saya adalah pria tangguh. Orang-orang mengatakan saya tak bisa memimpin tapi saya akan buktikan itu. Orang pikir saya tak mungkin jadi PM, tapi saya pikir saya bisa," tandas Miliband. (Ger/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.