Sukses

WOW: Mobil Mengambang Dengan Pendanaan Gotong Royong

Perusahaan mobil Volkswagen mengumpulkan dana secara gotong-royong untuk membiayai pengembangan konsep kendaraan masa depan.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan mobil Volkswagen mengumpulkan dana secara gotong-royong (crowdsourcing) untuk membiayai pengembangan konsep kendaraan masa depan.

Dalam tayangan video ini, Hover Car, merupakan simulasi gagasan suatu mobil yang mengambang dengan daya yang berasal dari mineral di bawah tanah. Orangtua dari Jia Wang, wanita penggagas konsep ini diundang untuk ‘menjajal’ kendaraan ini.

Sementara itu, dua mobil konsep yaitu ‘Music Car’ dan ‘Smart Key’ digelar di pameran mobil Beijing beberapa saat lalu. Secara keseluruhan, Volkswagen menerima 119.000 gagasan dan 33 juta kunjungan ke situs webnya.

Dalam keterangan tayangan YouTube oleh akun TechnologicVehicles disebutkan bahwa gagasan People’s Car Project ini diluncurkan oleh VW di Tiongkok untuk merancang mobil rakyat yang baru sebagai bentuk proyek sumber-terbuka (open-source) di mana rakyat dapat mengirimkan gagasan kepada litbang VW di Tiongkok.

Jia Wang menggagas jalan keluar permasalahan untuk kota Chengdu dengan kendaraan kecil yang bulat, terhubung dan dapat diparkir di mana saja, bahkan diparkir sambil mengambang.

Berbekal konsep dasar itu, para insiyur VW menciptakan sebuah kendaraan sesunguhnya dengan menggunakan pengambangan elektromagnetik (electromagnetic levitation) untuk kebebasan, kenyamanan, dan keamanan. Kampanye ini sendiri dikembangkan oleh Proximity Beijing/Goodstein & Partners. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.