Sukses

Menlu Retno Memulai Kunjungan ke-4 Negara Pasifik

Menlu Retno LP Marsudi akan berkunjung ke Selandia Baru, Fiji, Kepulauan Solomon, dan Papua Nugini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dijadwalkan memulai lawatan ke empat negara Pasifik pada hari ini. Kunjungan ini bertujuan memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama RI dengan keempat negara Pasifik, yaitu Selandia Baru, Fiji, Kepulauan Solomon, dan Papua Nugini.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Arrmanatha Nasir menjelaskan, lawatan dimulai pada 26 hingga 28 Februari 2015 di Papua Nugini. Setelah itu, Menlu dan rombongan langsung bertolak ke Negara Kepulauan Solomon pada 29 Februari dilanjutkan pada 1 Maret ke Fiji dan diakhiri pada 2-3 Maret 2015 di Selandia Baru.

"Kemlu akan serius dengan upaya meningkatkan kerja sama dengan negara-negara di Pasifik," sebut Arrmanatha dalam pers briefing mingguan di Kantor Kemlu, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

"Isu yang menjadi perhatian adalah kerja sama ekonomi, walaupun nilainya belum tinggi, namun dilihat beberapa tahun terakhir ada peningkatan dan berpotensi besar. Kunjungan akan mendorong sektor swasta Indonesia dengan swasta Pasifik meningkatkan perdagangan dan investasi," sambung dia.

Selain itu, imbuh Arrmanatha, lawatan Menlu Retno akan meningkatkan konektivitas Indonesia di kawasan Pasifik. Hal ini penting mengingat Indonesia merupakan gerbang Pasifik ke Asia Tenggara.

Arrmantha pun menekankan kunjungan Menteri Retno bukan untuk membuka jalur kerja sama. Sebab, saat ini RI dan 4 negara Pasifik itu telah memiliki beberapa perjanjian kerja sama.

"Sudah ada kerja sama yang dilakukan, kita ingin tingkatkan lagi. Salah satu tujuan adalah mengetahui di sektor apa bantuan teknis ini dibutuhkan," pungkas Jubir Kemlu RI Arrmanatha Nasir. (Ans/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini