Sukses

Manfaat Hologram 3 Dimensi Untuk Kedokteran

Di masa kini, teknik hologram 3 dimensi memungkinkan dunia kedokteran untuk melakukan pemeriksaan organ dalam tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta Di masa kini, teknik hologram 3 dimensi memungkinkan dunia kedokteran untuk melakukan pemeriksaan organ dalam tubuh manusia tanpa melakukan pembedahan.

Sebuah perusahaan teknologi, RealView Imaging Ltd, berhasil menggabungkan sejumlah bidang keilmuan sehingga memungkinkan tampilan 3 dimensi menggunakan teknik hologram.

Dengan demikian, organ dalam tubuh manusia itu seakan mengambang di udara di hadapan seorang dokter dan memungkinkan dokter mereka-reka dan merencanakan tindakan sebelum melakukan bedah sesungguhnya.

Bukan hanya untuk dokter, seorang ibu yang hamil juga dapat mengamati bayi dalam kandungannya bahkan sebelum bayi tersebut dilahirkan.

Perusahaan yang berdiri tahun 2008 ini berhasil mengembangkan Holographic Clinical Beta System untuk pertama kalinya di dunia. Setelah melalui tahapan klinis pertama pada manusia, perusahaan ini melanjutkan temuannya ke arah kelengkapan rancangan dan produksi.

Dari sejumlah sumber, teknik hologram 3 dimensi ini sudah banyak dipakai di bidang lain, antara lain di dunia hiburan. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.