Sukses

Seperti Inilah Runtuhnya Gletser

Sebuah klip video yang beredar di YouTube sejak Desember 2014 lalu menayangkan keruntuhan lapisan es tebal di dekat Kutub Utara.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah klip video yang beredar di YouTube sejak Desember 2014 lalu menayangkan keruntuhan lapisan es tebal (gletser) di dekat Kutub Utara.

Peristiwa nyata itu sendiri sebetulnya direkam Adam LeWinter dan Jeff Orlowski pada 28 Mei 2008 di bagian barat Daratan Hijau (Greenland). Peluruhan itu berlangsung selama 75 menit dan lapisan es itu tiris hingga undur lebih dari 1,6 kilometer dari tepi laut.

Ketebalan daratan es itu lebih dari 910 meter, dengan bagian yang menyembul sekitar 100 – 120 meter di atas permukaan laut.

Untuk membantu para pemirsa membayangkan betapa dahsyatnya ukuran daratan es yang meluruh itu, pembuat video itu melakukan perbandingan ukuran dengan ujung bawah kawasan Manhattan di kota New York. Hanya saja, ketinggian lapisan luruhan es itu bisa sampai tiga kali lipat ketinggian rata-rata gedung di New York.

Dalam klip itu juga dijelaskan perlunya waktu hampir 100 tahun dari 1902 hingga 2001 bagi garis pantai daratan es itu untuk undur sejauh hampir 13 kilometer. Namun hanya perlu sekitar 10 tahun bagi garis pantai daratan es itu untuk undur lebih dari 14 kilometer sejak 2002.

Film ‘Chasing Ice’ ini mendapat penghargaan Excellence in Cinematography pada Sundance Film Festival tahun 2012 dan penghargaan Best Documentary dari International Press Association.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini