Sukses

Ini Dia Robot Anjing Masa Depan Buatan Google

Google baru saja mengumumkan selesainya robot anjing mereka.

Liputan6.com, Hawaii- Apabila Anda tidak sanggup memelihara anjing yang benar-benar memiliki bulu dan membutuhkan makanan sungguhan, Google baru saja mengumumkan selesainya robot anjing mereka.

Robot anjing ini dikreasikan Google untuk membantu pihak militer Amerika Serikat, dan kini sedang diujicobakan di lapangan untuk membantu para tentara dalam melacak bom, ranjau, serta narkotika.

Hampir terlihat seperti anjing sungguhan, robot anjing buatan perusahaan Google dengan nama Boston Dynamics ini tak hanya dapat berjalan, menaiki tangga, berjalan di samping pemiliknya, namun juga dapat menahan diri ketika ditendang.

Dikutip melalui laman Discovery, pihak Boston Dynamics mengatakan bahwa robot ini menggunakan tenaga listrik dan hidrolik untuk bergerak. Selain itu, sebuah sensor ditanamkan di kepala robot tersebut untuk menavigasi melalui medan lapangan dan menemukan benda.

Secara resmi, robot anjing ini dikenal sebagai 'Legged Squad Support System', atau LS3, dan telah diujicobakan pada para marinir di Daerah Pelatihan Kahuku, Hawaii. Namun para tentara memanggil robot ini dengan sebutan Cujo.



Pengujian untuk LS3 sedang diamati oleh Korps Marinir warfighting Lab selama Percobaan Lanjutan sebagai bagian dari Rim Pasifik 2014, acara pelatihan militer multilateral yang menampilkan 22 negara dan sekitar 25 ribu orang.

Marinir menggunakan 'Cujo' untuk melakukan misi memasok makanan dan alat logistik bagi peleton ke sekitar area pelatihan. Huberth Duarte, infanteri dengan India Co, 3/3, sekaligus salah satu marinir yang terpilih untuk mengoperasikan LS3, mengatakan kepada Live Science, Rabu (11/2/2015) bahwa LS3 memiliki kemampuan khusus membawa air untuk anggota layanan di medan yang sulit dijangkau oleh kendaraan segala medan. Selain itu, robot ini telah menjadi seperti 'anjing yang sesungguhnya' baginya. (Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini