Sukses

Foke Tak Hadiri Raker Dubes RI, Ini Kata Kemlu

Foke menjabat menjadi Dubes RI untuk Jerman sejak 24 Desember 2013.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rapat kepala perwakilan Pemerintah RI di luar negeri (Keppri) tidak terlihat adanya Duta Besar Indonesia untuk Jerman Fauzi Bowo.

Padahal, rapat tersebut wajib dihadiri  Dubes, Konsulat Jendral, dan Konsulat Indonesia di seluruh dunia.

Demi memastikan alasan tidak hadirnya pria yang akrab disapa Foke ini, awak media mencoba bertanya kepada Juru Bicara Kemlu, Arrmanatha Nasir.

Menurut Arrmanatha dia belum tahu kenapa Foke absen. Namun, dipastikannya, Perwakilan RI di Jerman sudah mengirimkan wakil dubesnya.

"Saya tidak tahu persis siapa-siapa aja (yang tak hadir). Tapi yang saya tahu, ada wakil kepala perwakilan dan lima kuasa usaha interim," sebut Arrmanatha di Kantor Kemlu, Selasa (3/2/2015).

"Kalau suatu kepala perwakilan diwakilkan wakil duta besarnya, tidak apa-apa, yang penting setiap unsur pimpinan terwakili di sini," sambung dia.

Meski diwakilkan, dijelaskan Arrmanatha, ketidakhadiran Foke atau beberapa kepala perwakilan RI lain, pasti sudah diberitahukan ke pihak berwenang termasuk Menteri Luar Negeri.

Jadi, tidak mungkin para Dubes tersebut mangkir dari panggilan rapat tanpa alasan jelas.

"Apabila satu kepala perwakilan tidak hadir tentunya sudah mendapat izin dan memberitahukan secara detail apa hambatannya," imbuh dia.

Foke menjabat menjadi Dubes RI untuk Jerman sejak 24 Desember 2013. Pria asli Betawi ini dikenal publik luas karena pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur di era Sutiyoso. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini